MSDS Solar Pertamina (English and Bahasa Indonesia)

Bagi yang memerlukan MSDS (Material Safety Data Sheet) Solar produksi Pertamina, baik yang versi Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, silahkan download MSDS tersebut disini.

MSDS Solar Pertamina

MSDS Solar Pertamina (English)

Gambaran dan Penjelasan Bagian dari MSDS

BAGIAN 1: JUDUL

Pada bagian ini mengkategorikan produk dengan nama dagang dan nomor produk. Ini adalah nama dagang produk atau nomor produk yang sama yang akan muncul pada wadah / kemasan produk sehingga dapat disesuaikan antara label produk dengan MSDS nya. Nama dan alamat pabrik pembuat ditemukan dalam bagian ini.

BAGIAN 2: KOMPONEN-KOMPONEN BERBAHAYA

Pabrik pembuat telah mengevaluasi campuran bahan-bahan berbahaya mereka dan mengidentifikasi komponen bahan kimia yang mereka yakini dapat menyebabkan atau menambah bahaya. Seperti yang diwajibkan oleh OSHA, bahan-bahan ini diidentifikasi jika terdapat dalam jumlah yang lebih besar dari 1.0%, atau jika evaluasi bahaya menyimpulkan adanya bahaya dalam kadar yang lebih rendah. Sebagai tambahan, OSHA mewajibkan identifikasi bahan kimia jika bahan itu dikenal sebagai karsinogen (dapat menyebabkan kanker) dalan jumlah yang lebih besar dari 0.1%. Komponen-komponen berbahaya diidentifikasi dengan nama bahan kimia yang spesifik dan nomor CAS nya (nomor Chemical Abstract Service untuk bahan kimia spesifik tersebut).

Untuk membantu higienitas industri dan keselamatan personil, pabrik pembuat mengidentifikasi kisaran kadar konsentrasi umum atau relative ke dalam persentase yang pasti dari komponen bahan berbahaya tersebut. Hal ini memungkinkan personil keselamatan untuk mengevaluasi kebutuhan untuk mengambil sampel udara, memonitor pekerja, atau kegiatan pencegahan lainnya. Sejak mayoritas formulasi produk lebih baik, persentase yang pasti akan diberikan hanya ketika tidak ada rahasia dalam hal perdagangan.

 Dalam kasus kecil dimana penemuan nama bahan kimia yang spesifik dan nomor CAS dari komponen bahan berbahaya akan terjadi rahasia perdagangan, pabrik pembuat akan mengidentifikasi bahan kimia yang sebaik yang diizinkan oleh peraturan OSHA. Untuk tujuan memonitor kesehatan dan situasi darurat, prosedur dibuat untuk mengkomunikasikan identitas spesifik untuk profesi kesehatan yang memerlukan informasi yang pasti tentang bahan kimia. Dalam semua kasus informasi bahaya dan rekomendasi penanganan yang aman disediakan.

BAGIAN 3: DATA FISIK

Untuk melakukan penilaian bahaya fisik suatu produk, tes yang sesuai harus sudah dilakukan dengan menggunakan prosedur yang direkomendasikan oleh American Society for Testing of Materials (ASTM). Prosedur penomoran mereka telah diidentifikasi. Pengetesan sangat tergantung pada bentuk fisik dan bahan kimia dasar produk. Hasil pengetesan kimia atau fisika adalah salah satu faktor yang direview untuk menentukan keperluan untuk atau tipe pengetesan toksikologi berikutnya. Hasil biasanya untuk mengidentifikasi jenis bahaya fisik yang memerlukan pelabelan menurut peraturan Department of Transportation (DOT) atau untuk klasifikasi limbah untuk pembuangan dibawah Resource Conservation and Recovery Act (RCRA).

BAGIAN 4: DATA BAHAYA KEBAKARAN DAN LEDAKAN

 Jika produk menunjukkan karakteristik mudah terbakar, informasi diberikan dalam rekomendasi cara untuk memadamkan api. Bahaya kebakaran dan ledakan yang tidak biasa juga diberikan. OSHA 29 CFR 1910.1200 dan Department of Transportation (DOT) mempertimbangkan produk dengan titik mudah terbakar kurang dari 100 derajat Fahrenheit sebagai materi yang mudah terbakar. Bahan kimia dengan titik mudah terbakar antara 100 derajat Fahrenheit dan 200 derajat Fahrenheit diklasifikasikan sebagai bahan yang sangat mudah terbakar.

BAGIAN 5: DATA BAHAYA KESEHATAN

Pada bagian ini menggambarkan efek bahaya alami yang dihasilkan dari pajanan. Rute utama paparan seperti mata, kulit, pernafasan, dan pencernaan dibuat bersamaan dengan efeknya yang dapat terjadi dari pajanan (tunggal) dan pajanan kronik (berulang). Bagian ini juga didesain untuk menyediakan informasi pertolongan pertama untuk tipe rute pajanan.

BAGIAN 6: DATA REAKTIVITAS

Potensi sebuah produk menjadi sangat reaktif dengan bahan kimia lainnya atau untuk menghilangkan adanya bahaya tertentu. Informasi disediakan jika memungkinkan berinteraksi dengan bahan kimia lain dan reaksi dari produk dengan material lainnya.

BAGIAN 7: PROSEDUR KEBOCORAN ATAU TUMPAHAN

Pada bagian ini menyediakan informasi cara menangani dan membersihkan tumpahan dan pedoman untuk pembuangan yang sesuai jika produk dipertimbangkan sebagai “limbah” dan akan dibuang.

BAGIAN 8: INFORMASI PERLINDUNGAN KHUSUS

Rekomendasi disediakan untuk melindungi pekerja yang menangani tumpahan, tipe ventilasi yang dibutuhkan untuk penggunaan normal, dan alat pelindung diri (respirator, sarung tangan, kacamata, dan lainnya) yang harus digunakan. Ini adalah bagian yang paling penting dari MSDS dan semua program komunikasi bahaya. Hal ini harus dimengerti dan dilaksanakan oleh personil operasi.

BAGIAN 9: TINDAKAN PENCEGAHAN KHUSUS

Bagian ini dapat menyediakan informasi tambahan tentang hal yang dapat atau tidak dapat dilingkupi oleh bagian lain.

Incoming search terms:

  • msds solar
  • msds solar pertamina
  • msds untuk solar
  • msds solar pertamina pdf
  • nama kimia solar
  • MSDS PERTAMINA
  • msds solar bahasa indonesia
  • msds versi indonesia
  • MSDS solar dari pertamina
  • solar msds pertamina

4 Responses to MSDS Solar Pertamina (English and Bahasa Indonesia)

  1. Sudarno says:

    mohon di kirim msds solar

  2. warih says:

    mohon msds pertamina dex dan solar industri versi english.
    tksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>