Rahasia Sukses Bisnis Nabi Muhammad SAW

Siapa yang tidak ingin menjadi pebisnis sukses? Tentu hampir semua orang ingin mempunyai bisnis yang sukses. Sukses di dunia dengan omzet dan kekayaan yang banyak serta sukses di akhirat yang dengan hartanya dia bisa beramal lebih banyak, lebih banyak lapangan pekerjaan diciptakan, lebih banyak bermanfaat kepada orang lain, serta lebih banyak waktunya untuk beribadah kepada Allah SWT. Kesuksesan adalah impian setiap orang, begitu pula dengan pebisnis.

Nabi Muhammad SAW merupakan seorang pebisnis sukses. Beliau menjalani dan merintis sebagai pebisnis dimulai dari usia yang masih muda, yaitu 12 tahun. Sejak masih usia dini, beliau telah mengenal bisnis, yang dimulai dari menggembala kambing.  Semakin lama, bisnis beliau naik ke level yang lebih tinggi. Pada waktu usia beliau masih 12 tahun, beliau diajak oleh pamannya Abu Thalib untuk berdagang di Negeri Syam. Dari sanalah beliau mengenal bisnis secara serius dan menjadi Entrepreneur sejati. Pada usia 17 tahun, beliau diberi kepercayaan penuh oleh pamannya untuk berdagang dari dagangannya. Hingga usia 20 tahun, bisnis beliau sudah merambah ke Pusat Bisnis Global di zamannya (kalau sekarang hingga sampai ke Irak, Yordania, Bahrain, Suriah, dan Yaman).

Berikut ini adalah rahasia bisnis Rasulullah Muhammad SAW yang bisa kita teladani:

1. Bekerja adalah Ibadah. Rasulullah SAW menganggap bekerja termasuk berbisnis merupakan bentuk ibadah seorang hamba kepada Allah SWT. Sehingga jika seseorang berkeyakinan bahwa bekerja adalah ibadah, ia akan bersungguh-sunguh dan berharap hasil terbaik dalam hidupnya sebagai ladang mendapatkan syurga dan ridho Allah SWT.

2. Kejujuran dan Kepercayaan dalam Bisnis. Kejujuran pebisnis serta kepercayaan dari pelanggan/konsumen merupakan dua hal yang mutlak dilakukan agar bisnis yang dibangun bisa langgeng dan bertambah maju. Kejujuran yang dimiliki seorang pebisnis akan menumbuhkembangkan kepercayaan dari orang lain karena orang yang jujur dan amanah pasti dapat dipercaya. Rasullullah SAW melarang para pedagang/pebisnis untuk mencampurkan barang busuk/jelek di dalam dagangannya, dan beliau selalu memberikan barang sesuai kondisi sebenarnya dan memberikan yang terbaik dari pelanggannya.

3. Tidak hanya Mimpi, tapi juga Aksi. Seorang pebisnis harus memiliki mimpi yang tinggi dan tentunya harus direalisasikan dengan tindakan nyata yang dilakukan untuk mencapai kemajuan bisnisnya. Think Globally, Act Locally. Berpikir besar, dan mulailah dari hal-hal kecil yang bisa anda lakukan. Jatuh bangun dalam bisnis adalah hal yang biasa. Jadikan kejatuhan/kegagalan tersebut sebagai kesuksesan yang tertunda  dan belajarlah dari kegagalan tersebut. Orang sukses adalah orang yang paling banyak gagalnya, karena ia sering mencoba dan mencoba lagi. Jadi, jangan patah semangat ya.

4. Berpikir Visioner, Kreatif dan Terus Melakukan Perubahan. Seorang pebisnis sukses harus memiliki cara pandang dan pemikiran yang visioner, terdepan serta memiliki kemampuan dalam menganalisa perkembangan bisnisnya di masa mendatang serta perkembangan apa yang ingin ia raih. Sikap kreatif dan terus melakukan perubahan merupakan cara untuk mendapat peluang-peluang baru dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Jika bisnis anda tidak memiliki perubahan dan kemajuan, maka pesaing anda akan jauh meninggalkan anda.

5. Memiliki Perencanaan dan Tujuan yang Jelas. Lakukan perencanaan bisnis anda dengan matang untuk mencapai keberhasilan yang anda inginkan.  Dengan demikian anda akan memiliki jalur tujuan yang jelas dan teratur sesuai perencanaan yang dirancang sebelumnya. Jika menemui hambatan/kegagalan maka anda akan lebih mudah menganalisanya.

6. Promosikan Diri dan Bisnis Anda. Seorang pebisnis sukes selalu mempromosikan diri dan bisnisnya dalam kesempatan apapun. Hal ini akan menambah relasi serta networking yang luas. Saat ini terdapat media sosial yang bisa anda manfaatkan untuk menambah jaringan relasi dan network bisnis anda kepada khalayak luas. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Blackberry Messanger, Whatsapp dan lainnya sekarang ini bahkan digunakan oleh perusahaan besar untuk mempromosikan produk mereka. Jadi, andapun bisa memanfaatkan media tersebut agar bisnis anda makin dikenal.

7. Pandai Bersyukur. Sekecil atau sebesar apapun bisnis anda, jangan pernah lupa untuk bersyukur baik dengan mengucapkan terima kasih, Alhamdulillah maupun dengan cerminan sikap bersyukur anda. Perbanyaklah sedekah, karena Allah akan melipatgandakan harta yang anda sedekahkan tersebut.

8. Berbisnis dengan Hati dan Cinta. Apabila anda berbisnis, lalukanlah bisnis tersebut dengan hati dengan dengan penuh rasa cinta. Hal tersebut akan membuat anda menikmati apa yang anda lakukan dalam berbisnis. Tidak ada tekanan karena anda melakukan bisnis tersebut dengan sepenuh hati. Bekerjalah dengan hati dan cinta maka anda akan mendapatkan ketenangan dan semangat yang selalu baru.

Semoga rahasia sukses bisnis Rasulullah SAW tersebut bisa kita implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Salam Sukses untuk Anda, Saya, dan Kita Semua,

Zahra Sprei

Incoming search terms:

  • zahrasprei com rahasia-sukses-bisnis-nabi-muhammad-saw
  • kegagalan bisnis rasul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *