Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak dan Pulas

Sobat Zahra Sprei,

Tahukah anda bahwa setiap orang perlu istirahat yang cukup dan istirahat yang terbaik adalah tidur. Para ahli berpendapat bahwa tidur berfungsi sebagai proses detoksifikasi (penetralan) toksin atau racun yang ada di dalam tubuh kita. Toksin yang terakumulasi ini akan menyebabkan timbulnya rasa kantuk sehinga seseorang menjadi ingin tidur. Proses yang dilakukan tubuh ini merupakan bentuk perlindungan tubuh seseorang ketika tidur (teori hipotoksin). Jika seseorang tidur dengan waktu yang cukup, hal itu akan akan meningkatkan daya konsentrasi, tubuh terasa lebih bugar, otak pun akan mudah berpikir dan mudah diakses (tidak lemot).

Tidur yang cukup pun ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Ketika seseorang tidur, maka sel-sel yang mati akan diregenerasi. Saat tidur, akan terjadi peningkatan produksi sistem kekebalan tubuh dan protein tertentu selama tidur yang berfungsi melawan penyakit. Salah satunya yaitu pembunuh kanker yang disebut TNF (Tumour Necrosis Factor) yang juga dipompa melalui pembuluh darah saat tidur. Bahkan bayi yang baru lahir akan memerlukan tidur yang lebih dari 12 jam sehari. Untuk orang dewasa, tidur yang sehat berkisar antara 6-8 jam.

Jika anda pernah mengalami susah tidur, tentu hal itu sangat menyiksa bukan? Lebih report lagi jika keesokan harinya, anda harus bekerja pagi-pagi. Berikut ini adalah 10 langkah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas (sumber: health.ghiboo.com):

1.  Biasakan untuk memiliki jam tidur yang reguler. Buatlah waktu dimana anda harus patuh kapan waktunya tidur dan bangun setiap hari. Hal ini akan membuat waktu tidur anda terprogram  dengan lebih baik di dalam tubuh.

2.. Buatlah ruang tempat tidur yang nyaman. Rancanglah tempat tidur anda senyaman mungkin. Pastikan suhu di dalam kamar tidak terlalu panas atau terlalu dingin dan suasana yang tenang. Biasakan untuk mematikan lampu sebelum tidur agar lebih maksimal ketika anda beristirahat.

3.  Pastikan tempat tidur anda nyaman. Anda akan sulit tidur jika tempat tidur anda kotor, terlalu keras, lembab maupun sempit bukan? Karena itu, aturlah tempat tidur anda senyaman mungkin. Pilihlah sprei dan bedcover yang lembut di kulit dan tidak panas. Jika anda alergi debu atau bulu. Pilihlah sprei dan bedcover yang tidak berbulu dan kualitas yang baik.

4. Olahraga secara rutin. Biasakan untuk melakukan olahraga rutin seperti berjalan kaki, jogging, berenang atau olahraga apa saja yang bisa meringankan stress dan ketegangan. Hindari melakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur atau setelah bangun tidur.

5. Kurangi konsumsi kafein. Hindari meminum kopi atau teh malam hari sebelum tidur. Kafein yang terkandung dalam kopi atau teh yang berlebih justru akan mengganggu tidur dan mencegah anda tidur nyenyak.

6. Jangan minum minuman beralkohol dan hindari merokok. Minuman beralkohol dan merokok dapat mengacaukan pola tidur anda serta memperburuk tidur anda. Apalagi di dalam Islam, minum minuman beralkohol itu haram hukumnya.

7. Rileks sebelum tidur. Jauhkan pikiran yang mengganggu dan hindari stress sebelum tidur merupakan hal yang perlu dilakukan agar anda bisa tidur dengan nyenyak. Anda bisa melakukan mandi air hangat atau mendengarkan musik slow agar tubuh semakin rileks.

8. Berdo’a. Jika nada masih belum bisa tidur, cobalah bangun sebentar dan lakukan sesuatu yang bisa membuat anda rileks. Anda bisa berwudhu terlebih dahulu kemudian jangan lupa berdo’a sebelum tidur untuk menghindari godaan syetan.

OK, sobat Zahra, itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Semoga sobat Zahra semua bisa tidur nyenyak dan pulas setiap hari sehingga bisa beraktivitas dengan normal keesokan harinya dengan tubuh yang bugar.

Salam,

Zahra Sprei

Incoming search terms:

  • cara agar bisa tidur
  • cara supaya bisa tidur
  • cara agar bisa tidur nyenyak
  • tips tidur nyenyak
  • cara agar tidur nyenyak
  • www zahrasprei com tips-agar-bisa-tidur-nyenyak-dan-pulas
  • zahrasprei com tips-agar-bisa-tidur-nyenyak-dan-pulas
  • agar bisa tidur nyenyak
  • tips supaya bisa tidur
  • supaya bisa tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *