Tips Agar Pasangan Suami Istri Cepat Hamil

Pasutri (pasangan suami istri) mana yang tidak ingin cepat hamil dan segera mempunyai keturunan? Hampir semua pasutri pastinya ingin agar segera bisa mendapatkan anak untuk melanjutkan keturunan mereka. Kehamilan dan mempunyai keturunan merupakan salah satu keinginan terbesar bagi pasutri terutama bagi pengantin baru yang baru melangsungkan pernikahannya. Kehadiran seorang anak akan menambah kebahagiaan & keceriaan di dalam rumah tangga. Momentum ketika melakukan tes kehamilan dan ternyata hasilnya positif adalah saat yang dinanti dan tentunya akan semakin membuat anda mempersiapkan diri dalam menyambut si buah hati.

Akan tetapi, tidak semua wanita bisa langsung hamil setelah pernikahan. Bahkan ada yang sudah menikah bertahun-tahun atau mungkin puluhan tahun tapi belum juga dikaruniai seorang anak. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya kehamilan pada seorang wanita dan tentunya setiap pasutri tentu akan mencari berbagai cara agar bisa cepat hamil dan mendapatkan keturunan. Kehamilan yang didambakan setiap pasutri yang akan menambah kebahagian mereka nantinya. Setiap pasutri tentunya tak ingin berlama-lama dalam mendapatkan momongan, terlebih lagi jika semakin tua maka peluang untuk mendapatkan si buah hati semakin kecil. Hal ini bisa menyebabkan stress dan putus asa tatkala kehamilan yang ditunggu tidak datang juga. Terkadang kasus ini menyebabkan hubungan yang tidak harmonis di dalam rumah tangga, bahkan bisa berujung pada perceraian.

Berikut ini merupakan beberapa Tips agar pasangan suami istri bisa cepat hamil yang disarikan dari beberapa sumber termasuk tips dari dr.Rosdiana Ramli, Sp.OG yang dirangkum seperti di bawah ini:

1. Perbanyak Do’a

Anak merupakan karunia dari Allah SWT. Sehebat dan sekuat apapun usaha anda, jika Allah masih belum mengkaruniai anak kepada anda, maka hal itu tidak akan terjadi. Manusia hanya bisa berusaha dan berdo’a, hasilnya hanya Allah yang Maha Mengetahui. Oleh karena itu, perbanyaklah berdo’a agar cepat dikaruniai anak. Jika anda muslim, perbanyak shalat Tahajud, perbanyak sedekah dan amal shalih, dan teruslah berdo’a dengan penuh harap karena do’a adalah senjata orang beriman. Do’a yang sangat intens dan sungguh-sungguh mampu mewujudkan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, karena itu adalah Kuasa Allah. Jadi, perbanyaklah berdo’a.

2. Periksakan Kondisi Kesehatan Anda

Usaha pertama yang perlu anda lakukan yaitu periksalah kondisi kesehatan anda dan pasangan anda. Periksakan kondisi kesehatan fisik dan psikologis termasuk sistem reproduksi dan tingkat kesuburan anda dan pasangan anda kepada ahlinya. Hal ini merupakan modal penting bagi pasangan suami istri untuk terjadinya kehamilan dan jika memang anda kendala maka akan dapat dicarikan bentuk perawatan dan pengobatan yang tepat. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan anda dan pasangan anda dinyatakan sehat, maka langkah maupun tips berikutnya akan bermanfaat untuk dilakukan.

3. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat perlu dilakukan oleh pasangan suami istri agar bisa cepat hamil. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan diantaranya yaitu: kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, berat badan, lahraga dan gizi seimbang.

Jika anda maupun pasangan anda merokok, sebaiknya hentikanlah kebiasaan tersebut. Demikian juga dengan kebiasaan minum minuman beralkohol, meminum minuman beralkohol dapat mengurangi peluang kehamilan hingga 50%.

Milikilah berat badan ideal (tidak terlalu gemuk maupun tidak terlalu kurus). Karena berat badan yang lebih / kurang selain bisa mempersulit pembuahan, juga akan menjadi masalah jika terjadi kehamilan.

Rajin berolahraga akan membantu anda dan pasangan tetap fit dan bugar sehingga proses pembuahan lebih mudah terjadi.

Pola makan sehat, bergizi, dan seimbang juga diperlukan untuk mendapatkan kehamilan sehat bagi calon ibu dan anak anda nantinya. Kehamilan dan gizi merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan.

4.  Perhatikan Masa Subur Anda

Pengenalan masa subur sangat penting diketahui oleh pasutri yang menginginkan kehamilan. Karena pada masa ini, sel telur wanita siap terjadi pembuahan oleh sel sperma. Bagi yang memiliki siklus haid teratur, masa subur selama 14 hari (+/- 1 hari) haid berikutnya. Dengan kata lain, masa subur berlangsung pada hari ke-13 sampai hari ke-15 sebelum tanggal haid yang akan datang. Jadi, kemungkinan besar terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sel sperma terjadi masa subur ini dan peluang kehamilan semakin tinggi.

5. Gunakan Posisi Berhubungan yang Tepat

Pakar kesuburan berpendapat bahwa posisi berada yang berada di atas saat berhubungan intim mempunyai peluang terbaik untuk terjadinya kehamilan. Agar lebih efektif, wanita bisa mengganjal pinggulnya dengan bantal sehingga serviks-nya bisa menampung banyak sperma. Usahakan setelah ejakulasi antar pasangan terjadi, selama 10-20 menit agar wanita tetap dalam posisi berbaring. Janganlah beranjak dulu dari sikap tiduran ini karena dalam menit waktu ini cairan semen akan mencair, dan jika wanita bangkit cairan semen akan mengalir kembali ke vagina dan suasana asam membuat sperma melemah dan mati. Hal ini juga merupakan suatu supaya agar kesuburan seorang wanita dapat terjaga dengan baik.

6. Hadirkan Suasana Santai Saat Berhubungan Intim

Aktivitas hubungan intim suami istri sebaiknya dilakukan dalam suasana santai dan juga romantis. Hindari berhubungan intim dalam suasana tertekan, stress maupun terburu-buru. Istirahatlah yang cukup agar tubuh anda tetap bugar. Mandi sebelum berhubungan intim dapat membuat tumbuh lebih segar dan santai sehingga anda dan pasangan anda bisa menikmatinya. Hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi psikologis sehingga berdampak pada kesuburan pasangan suami istri.

7. Minum Vitamin

Mengkonsumsi vitamin maupun makanan yang mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk proses pembuahan sangat diperlukan. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat meningkatkan kualitas sperma.

Mengkonsumsi 1000 mg dan 10 mcg vitamin D atau Vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki kesempatan hamil yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya. Asam folat juga berperan penting dalam pembentukan tabung otak sang janin kelak.

Demikianlah tips-tips agar pasangan suami-istri bisa cepat hamil, semoga informasi ini bermanfaat.

 
Zahra Sprei

Incoming search terms:

  • Doa cepat hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *