Tips Belanja Aman Secara Online di Internet

Hai Sobat Zahra,

Apa kabar semuanya? Semoga tetap dalam keadaan sehat ya. Kali ini Zahra Sprei ingin berbagi Tips aman secara online di internet. Seperti kita ketahui, sekarang ini penggunaan internet semakin marak di Indonesia. Kalau dahulu sangat sulit untuk akses ke internet, misalnya hanya bisa dilakukan di warnet atau di kantor, saat ini akses internet bisa dilakukan melalui telepon genggam/handphone yang mudah dibawa kemana-mana. Bahkan menurut sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2008, ditemukan fakta bahwa ada lebih dari separuh pengguna internet melakukan transaksi secara online. Dengan transaksi online, konsumen tidak perlu pergi dan mencari barang ke toko karena mereka bisa melakukannya di rumah melalui handphone maupun komputer. Sehingga jika anda sibuk, anda masih bisa menyalurkan hobi berbelanja anda dimanapun.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips nih supaya sobat semua bisa bertransaksi online maupun bisa membeli produk di internet dengan aman. Berikut ini tips aman berbelanja online:

  1. Toko online yang sudah terpercaya: pilihlah toko online yang sudah terpercaya. Anda bisa minta rekomendasi dari teman, saudara maupun keluarga anda mengenai tempat belanja online yang terpercaya.  Anda juga bisa mencari tahu melalui  search engine seperti Google maupun Yahoo, kemudian cari tahu lebih detail ke website tersebut kalau perlu anda bandingkan sehingga anda benar-benar yakin. Toko online yang terpercaya umumnya tidak menggunakan website gratisan karena mereka sangat menjaga kepercayaan dan menjaga citra di mata para pelangggannya. Carilah website resmi toko online tersebut. Jangan terpengaruh dengan iming-iming harga yang sangat murah dan tidak masuk akal yang bisa membuat anda tertipu. Toko online yang terpercaya dan sudah dikenal masyarakat luas, biasanya memiliki jumlah kunjungan / traffic yang tinggi dan memiliki peringkat Alexa yang tinggi (peringkat Alexa dibawah 1.000.000).
  2. Alamat dan kontak yang jelas: periksalah alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi sehingga anda bisa menanyakan lebih detail keberadaan lokasi toko online tersebut. Semakin mudah anda menghubungi toko online baik melalui nomor telepon, Facebook, Twitter, Blackberry Messanger (BBM), maupun Yahoo Messanger maka anda bisa mencari info lebih banyak lagi. Kalau sejak awal sulit dihubungi, anda pasti menaruh curiga bukan? Anda juga bisa memeriksa Fanpage dari toko online tersebut dan melihat bagaimana respon maupun update status dari fanpage fb tersebut. Jika banyak orang yang menyukai Fanpage fb, Twitter maupun Google Plus dan respon yang positif di media sosial tersebut, berarti toko online tersebut memang sudah dikenal luas dan dipercaya pelanggan tentunya.
  3. Membeli dengan jumlah sedikit dahulu: untuk pembelian perdana, anda bisa mencobanya dengan jumlah pembelian yang sedikit, misalnya hanya 1 produk dan jumlah yang sedikit. Jika pengiriman pertama berhasil dengan baik dan anda puas, anda bisa mencoba membeli dengan jumlah yang lebih besar. Jika produk tersebut akan dikirim oleh ekspedisi seperti TIKI, JNE maupun kantor pos, mintalah nomor resi pengiriman tersebut sehingga anda bisa track pengiriman barang anda.

Demikianlah tips yang bisa saya berikan dan semoga sobat Zahra dapat dengan bijak dalam melakukan transaksi secara online di internet. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *